DPRD Kotim Minta Pengawasan Harga Kebutuhan Pokok Diperketat

  • Oleh Naco
  • 23 Maret 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Hj Darmawati mendesak pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan segera turun melakukan pengawasan di pasar. 

Pasalnya, saat ini sejumlah harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Padahal, pemerintah sudah menjamin ketersediaan bahan pokok hingga beberapa bulan kedepan.

Darmawati menyebutkan penaikan harga ini disinyalir dilakukan oknum di pasaran yang melibatkan spekulan guna mendapatkan keuntungan besar dari wabah pandemi Corona atau Covid 19.

“Saya terima keluhan dan laporan dari warga harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran terus meningkat. Kami minta dinas teknis segera turun ke lapangan pastikan stabilitasi harga tersebut,” kata Darmawati, Senin, 23 Maret 2020.

Selain itu, pedagang mengatakan harga naik dari distributor. Nyatanya, kenaikan itu tidak ada terjadi di tingkat pusat.

"Artinya benang merahnya sangat mudah ditarik mulai dari pedagang hingga distributor. Jelas siapa yang bermain dengan sengaja dalam situasi begini,” tegasnya.

Politisi Partai Golkar ini mengakui dengan turunnya tim dari dinas teknis maka akan bisa mengendalikan pasar. Baik itu stok barang hingga harga. 

Darmawati  berharap kepada pelaku pasar jangan sampai mengambil keuntungan di tengah kondisi bangsa seperti sekarang ini. Semestinya bisa saling bahu membahu untuk menolong sesama. 

Dia menegaskan, jika ada oknum seperti itu, aparat harus menindak tegas. Bahkan DPRD mendukung oknum demikian dipidanakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. (NACO/B-11)

Berita Terbaru