Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Corona, Pemerintah Lamandau Akan Berlakukan Pemeriksaan di Perbatasan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 23 Maret 2020 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Gugus Tugas Covid-19 akan melakukan pemeriksaan di daerah perbatasan.

"Hasil rapat soal pencegahan Covid-19 hari ini, kita puruskan bahwa dalam waktu dekat kita akan berlakukan pemeriksaan secara random di daerah perbatasan," ungkap Bupati Hendra Lesmana, Senin 23 Maret 2020.

Pemeriksaan secara random atau secara acak itu sebagai salah satu upaya yang akan ditempuh dalam memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19 dari luar daerah. Terlebih teritori Lamandau merupakan pintu masuk Kalimantan Tengah sebelah barat yang berbatasan langsung dengan provins Kalimantan Barat, yang juga masuk pada daerah terdampak virus corona.

Hendra Lesmana juga menyebut, pemeriksaan secara random akan dilakukan di perbatasan kabupaten Lamandau-Kotawaringin Barat.

"Untuk langkah awal, kontrol secara random ini akan kita fokuskan pada migrasi orang. Terlebih bagi pergerakan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Nantinya kita akan lakukan pengecekan suhu tubuh hingga mengidentifikiasi gejala-gejala penyakit khusus bagi orang yang dalam kondisi sakit," katanya.

Dia tidak bosan-bosannya untuk terus menyerukan tentang pentingnya upaya pencegahan. Yang paling efektif dilakukan saat ini adalah dengan mengikuti arahan pemerintah, terutama dalam hal mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Yuk kita terapkan social distancing yakni menjaga jarak dengan menghindari pertemuan atau kerumunan orang dalam jumlah banyak, atau physical distancing yakni masyarakat masih dapat berinteraksi sosial dengan orang lain tanpa bertemu tatap muka. Itulah cara yang paling efektif dalam upaya pencegahan covid-19 ini. Artinya, mari kita semua tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah," ajak Hendra Lesmana.
(HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru