Antisipasi Virus Corona, Seluruh Objek Wisata di Gunung Mas Ditutup Sementara

  • Oleh Hendra
  • 24 Maret 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Gunung Mas menutup sementara seluruh objek wisata, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona.

"Ini kami lakukan menyikapi imbauan pemerintah pusat dan petunjuk dari Bupati Gunung Mas," kata Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Gumas, Donie, Selasa, 24 Maret 2020.

Penutupan objek wisata tersebut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Setelah penutupan nanti langkah selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Bupati Gunung Mas. 

Dia mengakui, penutupan akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah atau PAD, terutama dari sektor pariwisata. 

Apalagi menurutnya, untuk tahun 2020 ini, pihaknya ada target PAD sebesar Rp 101,5 juta dari seluruh objek wisata yang dikelola. 

"Untuk target PAD itu, nanti kami akan bicarakan dengan pak bupati. Semoga ada inovasi yang dilakukan untuk mengejar target tersebut," ujarnya. 

Dia menambahkan akibat maraknya penyebaran virus corona tersebut, tidak hanya berimbas pada pariwisata, namun juga pada kegiatan-kegiatan lain seperti Festival Budaya Mihing Manasa atau FBMM. 

"Event tahunan yang rencananya digelar pada 13 sampai 17 April 2020, terpaksa diundur. Semoga saja wabah Covid-19 cepat berlalu," imbuhnya. (HENDRA/B-11) 

Berita Terbaru