DPRD Kotim: Perusahaan Perkebunan Harus Ikut Cegah Virus Corona

  • Oleh Naco
  • 24 Maret 2020 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Rimbun meminta agar Bupati Kotim bersurat kepada perusahaan perkebunan untuk ikut serta dalam tindakan pencegahan pandemi virus Corona (Covid19). 

Bantuan perusahaan sangat perlu mengingat kemampuan pemerintah untuk mencegah saat ini sangat terbatas, sehingga butuh dukungan pihak ketiga.

“Kewenangan kepala daerah agar bisa berkerjasama dan memanggil seluruh perusahaan perkebunan di Kotim untuk langkah pencegahan terutama untuk kegiatan kegiatan penyemprotan densifektan hingga kepada rumah penduduk di pedesaan bisa mereka bantu,” kata Rimbun, Selasa, 24 Maret 2020.

Dia mengatakan jika melihat kondisi sekarang, maka pemerintah kabupaten melalui gugus penanganan Covid 19 ini memiliki kemapuan yang terbatas juga, sehingga jika tidak dibantu oleh semua pihak maka pada akhirnya langkah pencegahan ini akan sia-sia.

Lanjut Rimbun, saat ini Kotim masih belum ada positif, jadi caranya saat ini fokus untuk mencegah bagaimana semuanya all out untuk langkah pencegahan ini dulu.

"Ya ibarat perang kita ini harus perang total di pencegahan jangan setengah-setengah,” tegas PolitisibPDI Perjuangan ini.

Menurutnya, semua lini memang harus digerakan. Baik itu sosialisasi, edukasi hingga peringatan keras untuk mereka yang masih suka kumpul-kumpul.

Sejauh ini juga Rimbun mengkritik belum ada tampak fasilitas yang dibangun pemkab di tempat  tertentu seperti halnya kota di daerah lain untuk fasilitas cuci tangan, pembagian masker dan lain sebagainya.

“Mestinya ini sudah ada, paling tidak ada wadah pencucian tangan dan pembagian masker dulu, langkah nyata yang harus segera direalisasikan,” tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru