12 Warga Barito Selatan berstatus ODP dan 2 Orang PDP

  • Oleh Uriutu
  • 24 Maret 2020 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Barito Selatan, hingga saat ini tercatat 12 warga berstatus orang dalam pemantauan atau ODP dan 2 orang lainnya berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP.

"Ada 12 warga berstatus ODP dan 2 orang PDP hingga 24 Maret 2020 ini," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Barsel, Zainah Rusiana, kepada Borneonews, Selasa, 24 Maret 2020.

Ia menjelaskan, 12 warga yang berstatus ODP tersebut berada di rumahnya masing-masing. Namun, pihaknya terus melakukan pemantauan.

Sedangkan dua orang yang statusnya PDP, lanjut dia, satu orang sedang berada di ruang isolasi RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan satu orangnya lagi sedang dalam perawatan di ruang isolasi pada RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Menurut dia, mereka yang berstatus ODP baru datang setelah bepergian dari daerah lain yang sudah terdampak Corona Virus Disease atau Covid-19.

"Kita terus melakukan pemantauan terhadap warga yang bepergian ke luar negeri maupun yang datang, hal ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran wabah virus tersebut," ucap dia.

Ia membeberkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana Covid-19, masyarakat diminta untuk menunda perjalanan keluar negeri atau perjalanan menuju daerah lain yang sudah ada terdampak virus tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Serta, sambung dia, tempat-tempat wisata dan tempat hiburan malam di Barito Selatan ini juga ditutup untuk sementara waktu.

Ia mengimbau masyarakat supaya menerapkan Social Distancing atau menjaga jarak dan menghindari keramaian. Oleh sebab itu, diminta untuk di rumah, karena Social Distancing merupakan metode paling efektif dalam mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.

Selanjutnya, diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah kalau tidak penting, karena libur ini merupakan isolasi di rumah masing-masing untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru