Tertunda Terus, Dewan Targetkan Pemilihan Wagub DKI Pekan Ini

  • Oleh Teras.id
  • 25 Maret 2020 - 12:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Panitia Pemilihan Wagub DPRD DKI mengusulkan rapat paripurna untuk memilih wakil gubernur bisa digelar dalam pekan ini setelah ditunda akibat wabah Corona

"Untuk paripurna kami rencananya Jumat," ujar anggota panitia pemilihan Andika S saat dihubungi Tempo, Selasa, 24 Maret 2020.

Meski demikian, Andika menyebut keputusan jadwal rapat paripurna pemilhan Wagub DKI akan ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) dewan pada Kamis, 26 Maret 2020. Rapat pemilihan tersebut sebelumnya dijadwalkan pada Senin, 23 Maret 2020 namun batal lantaran meningkatkan penularan virus Corona.

Andika mengatakan pemilihan wakil gubernur harus segera dilaksanakan mengingat masa kerja panitia pemilihan hanya 30 hari dan akan berakhir Maret ini. Di sisi lain, ia berpendapat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah lama menjalani pemerintahan tanpa pasangan dan sudah waktunya memiliki wakil. Apalagi saat ini Jakarta tengah menghadapi kondisi darurat.

Selain itu, lanjut Andika, pertimbangan untuk kembali melanjutkan pemilihan Wagub DKI karena hasil pemeriksaan kesehatan tidak ada anggota DPRD yang positif Corona. 

"Sebenarnya kemarin ditunda karena heboh ada dua anggota dewan yang positif, tapi hasilnya setelah diperiksa negatif,"ujarnya.

Andika menyebut untuk pelaksanaan rapat paripurna, panitia telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat karena akan melibatkan banyak orang. Salah satunya ialah pengukuran suhu tubuh, penyediaan alat disinfektan hingga sekat pembatas antarmeja.

"Kami menyadari kondisi penularan virus Corona saat ini maka kami telah mempersiapkan pengamanan kesehatan yang ketat," ujar Andika.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru