Antisipasi Penyebaran Covid-19, Finalisasi DTKS Barito Timur Ditunda

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Maret 2020 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Guna mendukung upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur menunda kegiatan finalisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai hari ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, Rusdiannor menjelaskan kegiatan yang ditunda meliputi verifikasi, validasi lapangan, musyawarah desa atau kelurahan, dan input data ke SIKS-NG.

"Penundaan finalisasi DTKS tersebut sebagai tindak lanjut dari surat edaran Menteri Sosial, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Bupati Barito Timur dalam rangka pencegahan pandemi Covid-19," kata Rusdiannor, Rabu 25 Maret 2020.

Menurutnya, sebelum penundaan diberlakukan, Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur sedang melaksanakan verifikasi dan validasi DTKS orang miskin serta tidak mampu di 103 desa/kelurahan.

Saat edaran pencegahan pandemi Covid-19 dikeluarkan pemerintah, masih ada sejumlah desa yang belum dilaksanakan verifikasi dan validasi DTKS.

"Pelaksanaan lanjutan verifikasi dan validasi di desa dan kelurahan akan dijadwalkan ulang menunggu arahan terbaru dari pemerintah terkait Covid-19. Untuk saat ini kami hanya bisa melaksanakan input secara offline data DTKS ke SIKS-NG Kementerian Sosial," tutupnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru