Data ODP Berkurang dan PDP Bertambah di Murung Raya

  • Oleh Syahriansyah
  • 25 Maret 2020 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Data tentang Covid-19 atau virus corona diseases di Kabupaten Murung Raya kembali mengalami perubahan yang sebelumnya orang dalam pantauan (ODP) cukup banyak dan kini menurun menjadi 2 saja pada hari ini.

Data ini berlawanan dengan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini mengalami penambahan yang sebelumnya hanya 1 orang kini dan sudah ada 3 orang.

Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya, Iskandar Kurniawan menjelaskan penambahan status PDP semuanya sudah dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

"Jadi pasien PDP ini perlu saya jelaskan yakni orang yang memiliki beberapa indikasi penyakit saluran pernapasan yang disertai demam yang tidak kunjung turun dan memiliki beberapa riwayat perjalanan dari wilayah transmisi lokal, sehingga untuk mengetahuinya lebih pasti kami langsung merujuk ke RSUD Doris Sylvanus dan RSUD dr Murjani Sampit," ucapnya, Rabu 25 Maret 2020.

Seusai dirujuk sambil menunggu hasil dari pasien PDP, maka pihaknya telah melakukan penyelidikan epidemiologi (EP) guna mengetahui siapa saja yang melakukan kontak dengan PDP.

"Tim yang disertai tenaga medis yang bertugas di puskemas lansung melakukan PE bila ada warga atau siapa saja yang dinyatakan sudah berstatus PDP sebagai langkah antisipasi secara dini bila terjadinya penularan," tutupnya. (RIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru