BPBD Katingan Imbau Warga Lakukan Penyemprotan Desinfektan Secara Mandiri

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Maret 2020 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Pelaksana Badan Penanggulanggan Bencana Daerah atau BPBD Katingan Eka Surya Dilaga mengimbau warga melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri guna mencrgah penyebaran virus corona.

Rabu, 25 Maret 2020 pihak BPBD Kabupaten Katingan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah perkantoran Pemkab Katingan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Eka Surya Dilaga,  tindakan penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya mematikan virus yang hidup dan menempel pada media seperti kayu, besi, stainlees, kain, kulit, kaca dan lain-lain.

"Tindakan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat maupun instansi pemerintah secara kontinyu, karena apabila dilakukan hanya sekali saja akan sia sia mengingat media tempat berkembang virus corona sangat terbuka dan berisiko kepada manusia yang beraktivitas," tutur Eka Surya Dilaga.

Ia mengatakan, untuk pembuatan disinfektan itu tidak lah sulit, yakni dengan mencampur cairan seperti wifol atau jenis lain dengan bayclean dengan komposisi 1 liter air, dua tutup botol wipol dan 15 mili bayclean.

"Itu sudah efektif untuk menangkal virus corona," ujarnya.

Dirinya berharap bagi petugas penyemprotan disinfektan dalam melaksanakan tugas tetap menjaga diri dengan cara menggunakan alat pelindung diri atau APD dengan benar dan selesai bertugas segera mandi, rambut, badan, tangan dan kaki harus tercuci dengan baik dan pakaian yang digunakan segera dicuci.

Untuk penyemprotan disinfektan yang dilakukan pihaknya diwilayah kerja, yakni untuk tanggal 26, 27 dan 28 Maret 2020 yaitu fasilitas umum berupa sekolah, rumah ibadah, pasar dan fasilitas umum lainnya, dengan wilayah Kasongan sekitarnya dan Kereng Pangi sekitarnya.

"Semoga bencana virus corona ini cepat berlalu dan kita semua sehat dan dalam perlindungan Allah SWT, Amin," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru