Tercatat Total Ada 10 ODP di Kapuas, 1 Diantaranya Selesai Pemantauan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Maret 2020 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Data sementara per 26 Maret 2020 pukul 14.15 WIB, total ada 10 orang yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) berkaitan dengan virus corona atau covid-19 di Kapuas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kapuas dr Tri Setya Utami mengatakan, dari total 10 ODP tersebut, satu orang di antaranya telah selesai pemantauan. Pemantauan biasanya selama 14 hari.

"Jadi sisanya ada 9 orang yang masuk ke dalam kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan) di Kabupaten Kapuas," ucap Tri Setya Utami kepada wartawan, Kamis, 26 Maret 2020.

Smpai saat ini di Kabupaten Kapuas untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada. Pihaknya juga bersyukur untuk kasus terkonfirmasi atau positif juga tidak ada.

Sebelumnya, pihaknya terus mengimbau masyarakat agar menerapkan prinsip cuci tangan pakai sabun usai beraktivitas sehari-hari, dan rutin dilakukan, kendati masih masuk zona hijau tapi kewaspadaan terus ditingkatkan.


Karena, menurut dr Tri pengaruh utama dalam mencegah virus corona atau Covid-19 adalah cuci tangan pakai sabun. Ia menekankan, kebiasaan ini merupakan hal paling prinsip.

“Marilah kita berdayakan masyarakat untuk mereka bisa mandiri di rumah, di sekolah, di tempat kerja maupun di rumah ibadah, untuk bisa melakukan prinsip yang paling utama yaitu cuci tangan pakai sabun,” ucap Tri. (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru