BPBD Katingan Prediksi Musim Kemarau Dimulai Juli 2020

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Maret 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan memprediksi musim kemarau tahun ini berlangsung mulai bulan Juli 2020 mendatang.

"Mengingat data BMKG, laut Indonesia masih hangat maka diperkirakan kemarau jatuhnya pada bulan Juli-Agustus 2020," tutur Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga, Kamis, 26 Maret 2020.

Untuk saat ini, kata dia curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan masih tinggi. Hampir setiap hari, sejumlah wilayah di kabupaten berjulukan Bumi Penyang  Hinje Simpei ini diguyur hujan.

Eka Suryadilaga mengaku, curah hujan pada bulan Februari 2020 dengan bulan Maret 2020 ini dinilai cukup tinggi.

"Curah hujan tiga bulan kedepan diprediksi juga masih tinggi, terutama pada April," ujarnya.

Ia mengingatkan kepada warga masyarakat terutama yang selama ini bermukim di bantaran Sungai Katingan agar selalu mewaspadai kemungkinan air sungai meluap atau banjir.

Eka Suryadilaga mengaku sejauh ini sejumlah wilayah di daerahnya terdampak banjir, seperti jalan menuju Desa Petak Bahandang dan jalan arah menuju Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan.

Di wilayah Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang selama ini menjadi langganan terdampak banjir akibat luapan Sungai Katingan pada musim penghujan.

Pasalnya, air Sungai Katingan di dua wilayah kecamatan ini menjadi titik pertemuan air pasang dari Laut Jawa, sehingga tidak heran jika wilayah ini terdampak banjir hingga berbulan-bulan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru