Masih Zona Hijau, Ini Data Terbaru Terkait Covid-19 di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Maret 2020 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tingkat Kabupaten Barito Timur, Eskop menyampaikan bahwa status Kabupaten Barito Timur masih zona hijau virus corona atau Covid-19.

Status zona hijau disandang karena hingga saat ini belum ada warga Barito Timur yang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang positif Covid-19.

"Kalau masih self monitoring dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu masih zona hijau, kalau sudah ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masuk zona kuning dan jika sudah ada yang positif Covid-19 berarti daerah itu masuk zona merah," papar Eskop saat menyampaikan laporan dalam acara apel pelepasan penyemprotan disinfektan di halaman Kantor Bupati Barito Timur, Kamis 26 Maret 2020.

Dia menjelaskan, hingga hari ini di Barito Timur terdapat 152 orang yang berstatus self monitoring dan 12 ODP.

"Dari 12 ODP tersebut, 2 orang di antaranya sempat diisolasi karena penyakit tertentu beberapa hari lalu dan sekarang sudah keluar namun masih berstatus ODP," ungkapnya.

Untuk terus mempertahankan status zona hijau bagi Kabupaten Barito Timur, Eskop mengingatkan bahwa penanggulangan Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

"Bukan hanya tanggung jawab kami eksekutif, yudikatif dan legislatif yang hadir hari ini, tapi juga peran dari dunia usaha, peran dari masyarakat supaya semua ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini," pungkas Eskop. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru