Keluar Masuk Barito Utara Wajib Cek Suhu Tubuh

  • Oleh Ramadani
  • 26 Maret 2020 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sesuai hasil rapat terbatas  di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kabupaten Barito Utara mulai bergerak. Beberapa titik telah dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh bagi warga yang akan masuk dan keluar kabupaten tersebut.

Tim Gugus Tugas melaksanakan tugasnya ditempat yang telah ditentukan, yakni untuk Posko darat bertempat di Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang dan Posko sungai bertempat di Pelabuhan Daerah depan Hotel Pasifik. Sedangkan untuk Bandara Beringin menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang ada.

Pemeriksaan berlangsung di Puskesmas Gunung Timang, satu persatu kendaraan yang melaju dari arah jalan negara lintas provinsi dihentikan petugas. Para penumpang kemudian diminta turun, untuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mengisi daftar pemeriksaan dengan memperlihatkan Kartu Tanda Pengenal (KTP) dengan menanya riwayat bepergian guna meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, tim gugus tugas juga membagikan hand sprayer untuk Kecamatan Teweh Tengah yang akan dibagikan ke desa/kelurahan diwilayahnya. Disamping penyemprotan disinfektan diberbagai lokasi.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, Kamis 26 Maret 2020 mengatakan bahwa tindakan yang diambil merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam menanggulangi penyebaran Virus Corona.

Nadalsyah sangat mengharapkan partisipasi seluruh pihak, baik pemerintah terlebih kepada seluruh masyarakat Barito Utara untuk dapat bekerjasama bahu membahu dalam menanggulangi penyebaran Virus Corona.

"Kami tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh pihak khususnya masyarakat Barito Utara, terlebih dalam penerapan sosisal distancing," ungkap Nadalsyah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Siswandoyo menambahkan bahwa hal ini dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya virus corona atau COVID-19, kami melakukan operasi pemeriksaan dengan dinas terkait, sesuai instruksi Bupati Barito Utara untuk memeriksa pengguna jalan khususnya yang datang dari arah Palangka Raya, Banjarmasin dan Kalimantan Timur.

Langkah tersebut yakni mulai dari pemeriksaan suhu badan, mengisi daftar riwayat perjalanan asal dan tujuan untuk mengantisipasi virus-virus tersebut masuk ke wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Petugas juga harus bersikap humanis kepada masyarakat saat melakukan pemeriksaan " ucap Siswandoyo. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru