Masyarakat Kotim Diimbau Tetap Donor Darah Meski Siaga Darurat Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Maret 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna memenuhi kebutuhan darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), masyarakat diimbau tetap mendonorkan darahnya meskipun saat ini siaga darurat virus Corona atau Covid-19. 

"Kami sangat berharap agar masyarakat tetap mendonorkan darah mereka, meski sekarang siaga darurat Covid-19," ujar Kepala UDD PMI Kotim dr Yuendri Irawanto, Kamis, 26 Maret 2020. 

Pihaknya cukup khawatir di tengah situasi siaga Covid-19 saat ini, kebutuhan darah di PMI tidak terpenuhi. Hal ini karena banyaknya pihak swasta yang membatalkan donor darah masal. Itulah yang membuat dirinya meminta agar masyarakat secara sukarela mendonorkan darah ke UDD PMI. 

"Kami sangat berharap hal itu dilakukan oleh masyarakat. Agar kebutuhan darah di PMI Kotim bisa terpenuhi," harap Yuendri. 

Saat ini, persediaan darah di UDD PMI Kotim diperkirakan hanya cukup untuk sepekan kedepan. Untuk stok darah golongan A ada 76 kantong, golongan B 29 kantong, golongan O 37 kantong dan holongan AB 14 kantong. 

Sebenarnya, permintaan saat ini cukup banyak. Bahkan beberapa hari lalu, UDD PMI Palangka Raya meminta bantuan stok darah di PMI Sampit. Sehingga, demi langkah kemanusiaan, pihaknya mendroping 50 kantong berbagai golongan. 

"Keadaan tersebut kami harap jadi perhatian masyarakat, sehingga bisa mendonorkan darah mereka ke PMI. Karena cukup banyak pasien yang menbutuhkan," harap Yuendri. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru