Cegah Corona, Bupati Hendra Turun Tangan Semprot Disinfektan di Fasilitas Umum

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Maret 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 terus dilakukan jajaran Pemkab Lamandau. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di sejumlah fasilitas umum yang ada di Kota Nanga Bulik, Kamis 26 Maret 2020. Bupati Lamandau H Hendra Lesmana langsung turun tangan dalam kegiatan itu. 

Penyemprotan disinfektan juga melibatkan berbagai pihak yang masuk dalam Gugus Tugas pennggulangan Covid-19 kabupaten Lamandau, yang didalamnya terdapat unsur dari TNI, Polri, BPBD, Dishub, RSUD hingga Dinkes.

Untuk memaksimalkan penyemprotan disinfektan secara massal, tim juga mengerahkan sejumlah keepsprayer berisi cairan disinfektan, hingga mobil Pemadam Kebakaran serta mobil Armored Water Cannon (AWC) milik Polres Lamandau.

Selain perkantoran dan pasar, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di berbagai fasilitas umum seperti perbankan, rumah ibadah dan seluruh ruas jalan protokol yang ada di ibu kota Lamandau itu.

Dengan mengenakan kameja putih dengan muka ditutup masker Bupati Hendra Lesmana juga secara langsung ikut melakukan penyemprotan disinfektan di area Pasar Saik Nanga Bulik. Lorong-lorong pasar Saik dan area lapak pedagang tak luput dari penyemprotan. Tak ayal, aksi Bupati Hendra tersebut banyak mendapatkan apresiasi dari para pedagang dan pengunjung pasar.

"Waduh pak sampai turun tangan langsung, terima kasih ya pak. Semoga kita semua selamat dari (wabah) Corona ini," kata salah seorang pedagang yang ada di lapak sayuran kala itu. 

Sebelum penyemprotan disinfektan dilakukan, tim terlebih dahulu melakukan Apel Gelar Pasukan dan alat kelengkapan di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau.

Dalam kesempatannya, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana mengatakan penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Lamandau.

"Kabupaten Lamandau merupakan akses pintu masuk dan keluar dari maupun ke Provinsi Kalimantan Barat. Sehingga resiko penyebaran virus corona masih kategori sangat tinggi, karenanya hari ini kita lakukan penyemprotan disinfektan secara massal untuk mecegah penyebaran Covid-19 di wilayah kita," ujarnya. 

Bupati Hendra juga menyebut, perlunya dilakukan sosialisasi yang terus menerus kepada masyarakat tentang apa saja gejala serta bagaimana cara pencegahan Covid-19. Sehingga masyarakat bisa memahami bagaimana cara virus ini menular serta bagaimana pula cara mencegahnya," tukas Bupati Hendra. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru