Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Temukan 46 Kasus Hoaks Virus Corona di Media Sosial

  • Oleh Teras.id
  • 27 Maret 2020 - 11:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian gencar melakukan patroli siber untuk memberantas penyebaran hoaks virus Corona di media sosial. Sampai Jumat ini, polisi sudah menemukan 46 kasus hoaks corona yang tersebar di dunia maya. 

"Hingga hari ini untuk kasus hoaks (corona) ada penambahan satu kasus. Jadi saat ini kami menangani 46 kasus," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat, 27 Maret 2020. 

Argo tak merinci mengenai penanganan kasus tersebut dan tersebar di wilayah mana saja. Namun ia memastikan polisi akan terus melakukan penyelidikan penyebaran berita bohong itu. "Saat ini masih dalam proses penyidikan baik di wilayah maupun di Mabes Polri," sebut Argo.

Dalam beberapa hari ke belakang polisi telah menangkap sejumlah orang karena diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks virus Corona. Salah satunya seorang wanita yang diduga menyebar video hoaks tentang seorang pegawai di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, terkena virus Corona. 

Dalam video yang tersebar, sang pembuat merekam sebuah ambulans tengah membawa seseorang yang diduga tak sadarkan diri. Para petugas ambulans yang mengangkat wanita itu tampak mengenakan masker.

Pengambil video menduga kalau orang yang dibawa itu terkait dengan penyebaran virus Corona. Ia mengatakan kalau orang itu merupakan karyawan salah satu toko di PGC. Video itu kemudian menyebar atau viral di media sosial. 

Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, AKBP Herry Purnomo mengatakan polisi segera bergerak menyelidiki kebenaran video tersebut. Setelah dicek, ternyata kabar karyawan yang diduga terkena virus Corona itu tidak benar dan berujung pada penangkapan pembuat video.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru