Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Dayu Kembangkan Buah Naga

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Maret 2020 - 17:01 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Yanto Usmat, warga RT 06 Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang mengembang tanaman buah naga (hylocereus undatus) di lahan seluas seperempat hektare.

"Sudah beberapa tahun kami kembangkan, namun saat itu kurang dirawat dengan baik karena saya masih fokus dengan pekerjaan yang lain," kata Yanto, Jumat 27 Maret 2020.

Saat ini dia berencana merawat intensif tanaman buah naga dengan melakukan pemupukan dan peremajaan tanaman yang sudah tua sehingga dapat berproduksi optimal.

"Dulu bisa setiap Minggu panen, namun sejak tidak terawat hasil panennya hanya sedikit dan tidak stabil," imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPP Kecamatan Karusen Janang, Aryani menyampaikan dukungannya kepada petani di wilayah kerjanya yang ingin mengembangkan tanaman buah-buahan.

Hal ini sesuaiprogram Pemerintah Kabupaten Barito Timur yang mulai mengembangkan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan sekaligus mempersiapkan daerah ini menjadi penyanggah logistik pangan Ibu Kota Negara.

"Budidaya buah naga perawatan tidak terlalu sulit dan pemasarannya hasil panennya juga mudah, kita akan dukung supaya produktifitasnya kembali meningkat dan lebih berkembang lagi," katanya. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru