Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Ambil Keputusan dengan Kondisi Saat ini

  • Oleh Naco
  • 27 Maret 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu menyarankan agar pemerintah kabupaten segera mengambil keputusan untuk kondisi saat ini. 

Salah satunya untuk melakukan  karantina wilayah Kotim khususnya, walaupun untuk penetapan sebuah karantina wilayah sesuai UU Karantina merupakan kebijakan pemerintah pusat. 

Terutama untuk jalur tranportasi udara, darat   untuk mencegah masuk dan terjangkitnya virus Corona jenis COVID-19 ke kabupaten ini.
 

"Ini penting dilakukan untuk memutus mata rantai  wabah itu," kata Dadang, Jumat, 27 Maret 2020.

Apalagi Kotim masih dalam zona hijau yang tidak terdapat pandemi tersebut. Ratusan ribu  penduduk di Kotim ini sekarang  yang mesti dilindungi.

"Saya sarankan ini dilakukan sebelum terlambat. Mumpung Sampit masih kategori daerah hijau. Stop sementara penerbangan ke Sampit. Stop sementara layanan penumpang kapal laut dan tutup sementara pintu masuk jalur darat," tegas Dadang.


Politisi Partai Amanat Nasional ini mengakui saran yang disampaikannya  memang tidak populis tetapi hal itu salah satu opsi yang harus juga dipikirkan pemerintah kabupaten. 

"Jika keputusan ini diambil pemerintah, memang ada pihak-pihak yang terkena dampaknya," tegasnya.

Namun menurut Dadang, pandemi COVID-19 saat ini memang sudah berpengaruh terhadap semua sektor. Konsekuensi jika memang opsi terburuk itu dilakukan semuanya memang paham akan ada dampak yang juga buruk tetapi lebih baik daripada kondisi terjangkit virus berbahaya itu.


Begitu juga untuk penghentian penerbangan ke Sampit dimaksudkan untuk menghentikan potensi penularan penyakit melalui penumpang yang datang dari daerah terjangkit COVID-19. 

Berita Terbaru