Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Covid-19, Dukcapil Gunung Mas Buka Layanan Kependudukan Online

  • 28 Maret 2020 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil Gunung Mas membuka layanan kependudukan dengan cara online.

"Layanan ini berlaku mulai Senin depan dan akan diprioritaskan bila masih dalam keadaan darurat wabah virus corona," kata Kepala Dinas Dukcapil Gunung Mas, Barthel melalui pesan singkat, Sabtu 28 Maret 2020.

Dia mengatakan layanan ini masih tahap evaluasi untuk melihat keefektifan terhadap pengguna, karena tidak semua masyarakat memiliki telepon atau alat teknologi lainnya.

Bila semuanya berjalan dengan baik, maka layanan ini akan diteruskan. Sebab layanan ini salah satu inovasi untuk memberi kemudahan untuk masyarakat dan Dukcapil agar tidak menimbulkan antrian yang panjang di loket.

"Untuk jam kerja layanan ini mulai buka dari pukul 07.30-15.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen pribadi dapat mengunjungi website https://linktr.ee/DisdukcapilGunungMas," terangnya.

Dia menambahkan seluruh layanan kependudukan yang semula dilakuan dengan manual, kini dialihkan ke website, namun perekaman KTP untuk sementara waktu ditiadakan.

Diharapkan layanan kependudukan dengan sistem online tersebut dapat terus berjalan dan menjadi tuntutan untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan, sehingga layanan Dukcapil go digital dapat terwujud.

"Saya minta seluruh masyarakat dapat menggunakan layanan ini, karena sengat mudah digunakan serta tidak dipungut biaya. Untuk persyaratan berkas cukup difoto dan dikirim. Bila dokumen sudah selesai nanti akan kami informasikan," terangnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru