Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Ternak Ayam Petelur di Kecamatan Dusun Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Maret 2020 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur memiliki potensi cukup baik untuk pengembangan ternak ayam petelur karena wilayah ini mencakup kota Tamiang Layang yang merupakan ibu kota kabupaten.

Dengan posisi peternakan ayam petelur yang berada di desa sekitar kota Tamiang Layang, memudahkan peternak untuk mendistribusikan hasil telur atau pengepul datang untuk membeli telur langsung ke peternakan.

Kepala BPP Kecamatan Dusun Timur Erai Sairi, menjelaskan data hingga Desember 2019 jumlah populasi ayam petelur 6.432 ekor.

Populasi sebanyak ini merupakan total jumlah ayam petelur yang diternakkan di Kelurahan Tamiang Layang, Desa Magantis, Desa Mangkarap dan Desa Sumur.

Dari populasi sebanyak itu, tingkat produksi ayam petelur mencapai 75-90 persen atau 4.824 hingga 5.788 butir telur per hari.

"Dari jumlah produksi sebesar itu sangat membantu memenuhi kebutuhan telur di Kecamatan Dusun Timur," katanya, Sabtu 28 Maret 2020.

Selama ini kebutuhan telur di wilayah kerjanya masih banyak dipasok dari luar daerah, sehingga ini dapat menjadi peluang bagi warga Dusun Timur untuk mengembangkan peternakan ayam petelur.

"Yang sudah produksi selama ini tidak ada kesulitan dalam pemasaran biasanya sudah ada yang pesan," imbuhnya.

Untuk mendukung pengembangan ternak ayam petelur di wilayah kerja BPP Dusun Timur, pihaknya terus memberikan penyuluhan tentang budidaya ayam petelur dan pentingnya menyediakn telur untuk konsumsi keluarga agar kebutuhan protein dapat terpenuhi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi berharap pengembangan budidaya ayam petelur dapat ditingkatkan untuk menggarap peluang usaha yang ada, memanfaatkan lahan pekarangan serta memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

"Selain untuk memenuhi kebituhan lokal kita juga terus mempersiapkan diri menjadi penyanggah logistik pangan Ibu Kota Negara," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru