Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ODP Kabupaten Kobar Capai 92 Orang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Maret 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini sudah mencapai 92 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang.

Jumlah ini berdasakrna data yang disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kobar sekaligus sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kandinkes) Kobar Achmad Rois, Sabtu, 28 Maret 2020. 

"Jumlah ODP terbanyak yaitu di Kecamatan Pangkalan Lada yang mencapai 38 orang. ODP di kecamatan tersebut tersebar pada 7 desa yaitu 2 orang dari Desa Purbasari, 4 ODP dari Sumber Agung, 4 dari Sungai Rangit, 4 dari Makarti Jaya, 6 dari Pandu Senjaya, 4 dari Kadipi Atas dan terbanyak jumlah ODPnya yaitu dari Desa Sungai Melawen sebanyak 14 orang," kata Rois.

Rois menjelaskan, untuk Kecamatan Arut Selatan (Arsel) saat ini terdapat 15 ODP dan 2 orang PDP yang berasal dari Kelurahan Raja dan Kelurahan Madurejo.

"Sedangkan untuk Kecamatan Kumai saat ini ada 28 ODP yang tersebar pada 11 desa. Kemudian Kecamatan Pangkalan Banteng terdapat  4 ODP, Kecamatan Arut Utara (Aruta) ada 6 ODP dan Kecamatan Kotawaringin Lama (kolam) terdapat  1 ODP," ungkapnya.

Menurut Rois, banyaknya penemuan ODP dianggapnya bagus, karena hal tersebut menandakan petugas Puskesmas telah melaksanakan tindakan pencegahan dini.

"Jangan sampai ada orang dengan riwayat perjalanan datang dari daerah pandemi atau pernah berinteraksi fisik dengan pasien positif Covid-19, keberadaannya tidak diketahui. Sehingga dengan ini petugas puskesmas bisa mengetahui kondisi kesehatannya selama 14 hari. Bila dalam kurun waktu tersebut muncul gejala klinis Covid-19 maka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun," tutur Rois. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru