Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sisi Penghimpunan Dana Pihak Ketiga di Perbankan Kalteng Alami Penurunan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Maret 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada sisi penghimpunan dana, yakni Dana Pihak Ketiga atau DPK Perbankan di Provinsi Kalimantan Tengah, Giro dan Deposito mengalami penurunan sebesar 0,32% yoy.

Hal ini dikatakan Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy kepada Borneonews pada Sabtu, 28 Maret 2020.

"Untuk DPK kita di Kalteng mengalami penurunan sebagai imbas dari wabah virus corona yang sedang melanda Indonesia saat ini," kata Otto.

Meski demikian, lanjut Otto, dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan masih tumbuh di atas nasional, yakni sebesar 8,34% (yoy).

"Sehingga secara total DPK Bank Umum Konvensional dan Syariah di Provinsi Kalimantan Tengah masih mengalami pertumbuhan positif sebesar 3,99% (yoy)," bebernya.

Angka-angka ini menurut Otto menunjukkan bahwa kondisi dan kinerja perbankan di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini masih cenderung baik dan stabil.

"Stabilitas sektor jasa keuangan di Kalteng ini juga ditandai dengan pertumbuhan aset perbankan dan profil risiko, khususnya risiko kredit yang masing-masih lebih tingi dibandingkan nasional," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru