Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Earth Hour, Arifin Putra Buat Kebun Hidroponik di Rumah

  • Oleh Teras.id
  • 28 Maret 2020 - 20:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Gerakan tahunan Earth Hour akan dilaksanakan serempak pada Sabtu, 28 Maret 2020. Ini adalah salah satu program global dari organisasi non-profit World Wide Fund for Nature (WWF) guna melawan perubahan iklim.

Umumnya, Earth Hour akan mengajak setiap individu untuk menjadi bagian pembuatan sejarah dengan menjaga kelestarian alam agar kesehatan bumi terus terjaga. Salah satu caranya ialah dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tak dipakai selama satu jam.

Sebagai salah seorang partisipan, aktor Arifin Putra pun mengaku telah lama menjalankan pola hidup mematikan energi yang tidak terpakai itu.

“Bukan sekedar switch off saja, tapi selama satu jam itu saya juga merenungkan kontribusi apa yang bisa dilakukan untuk bumi,” katanya dalam telekonferensi Earth Hour 2020 pada Jumat, 27 Maret 2020.

Dari hasil merenung, tercetuslah berbagai ide menjaga lingkungan yang tidak hanya sekedar menghemat energi saja. Bintang film "Foxtrot Six" itu pun mengaku telah memiliki kebun hidroponik sendiri di rumah. Ada tomat ceri yang telah ia tanam dan nikmati hasilnya.

“Dua sampai tiga minggu bisa langsung panen. Rasanya bahagia kalau bisa berkontribusi dan manfaatnya dobel. Kita bisa melestarikan bumi dan kesehatan fisik juga terjaga melalui asupan tambahan dari tanaman sendiri,” ujarnya.

Tak kalah penting, Arifin juga mengaku telah menerapkan sistem daur ulang dalam segala hal. Ini termasuk penggunaan botol plastik yang tidak lagi terpakai menjadi karya bermanfaat. Harapannya, semua yang dilakukan bisa berdampak bagi generasi selanjutnya.

“Hal kecil akan sangat membantu daripada tidak sama sekali. Semoga semua tergerak dan tidak mementingkan diri sendiri karena ada generasi berikut yang akan tinggal di bumi. Bagaimana mereka hidup, tergantung dari kita,” paparnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru