Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wishnutama Jelaskan Syarat Hotel Tampung Tenaga Medis Corona

  • Oleh Teras.id
  • 29 Maret 2020 - 09:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka peluang bagi para pengusaha hotel untuk ikut menyediakan tempat istirahat bagi tenaga medis dan gugus tugas Covid-19.

Menurut Wishnutama, Kemenparekraf bakal membayar hotel yang ikut menyediakan tempat istirahat dengan harga di bawah harga pasar. Dalam kerja sama ini, lanjut dia, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh hotelier.

“Tentunya, kerja sama ini terbuka bagi jaringan hotel lain yang dapat memenuhi prosedur yang harus dipenuhi,” kata Wishnutama di Jakarta, Sabtu, 28 Maret 2020.

Syarat pertama hotel berada di sekitar rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Pengelola hotel juga tidak boleh tercatat pernah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya pada saat situasi pandemi virus corona Covid-19 masih berlangsung.

Selanjutnya, hotel yang dipilih harus bisa mengikuti standar operasional prosedur pelayanan tamu sesuai yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dalam penanganan Covid-19. Beberapa di antaranya, lanjut Wishnutama, adalah penyemprotan desinfektan rutin di pintu hotel dan kegiatan sanitasi.


“Pengaturan physical distancing, penggunaan lift, meminimalisir interaksi pelayanan secara langsung dan yang lain yang direkomendasi Kemenkes. Seluruh tenaga medis dan karyawan hotel akan melakukan antisipasi seperti cek suhu badan, pemakaian alat pelindung diri dan semprotan disinfektan,” kata Wishnutama.

Dia mengatakan kerja sama juga bertujuan untuk membantu industri pariwisata dan transportasi di tengah pandemi Covid-19. “Kami mengimbau semua industri bisa membantu menjaga dalam menghentikan penyebaran corona. Mari sama-sama jaga Indonesia dari Covid-19,” ujarnya.

TERAS.ID

Berita Terbaru