Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Sebut Potensi ISPA Meningkat, Masyarakat Harus Waspada

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2020 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di musim yang tidak menentu seperti ini, saat suhu mencapai 30 derajat cercius ke atas kemudian tiba-tiba hujan lebat, mengakibatkan potensi infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA kian meningkat.

"Potensi ISPA itu tidak hanya terjadi di musim kabut asap dan musim kemarau, tetapi dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini justru ISPA lebih berpotensi untuk mengalami ISPA," kata Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Susi Idawati kepada Borneonews pada Minggu, 29 Maret 2020.

Infeksi saluran pernapasan ini, lanjut Susi, sebenarnya adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan, tepatnya pernapasan bagian atas.

"Bagian saluran pernapasan atas yang terkena dapat meliputi hidung, sinus, faring, dan laring. Makanya kalau flu berkepanjangan, pilek lalu batuk, perlu segera diwaspadai," tutur Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini.

Terlebih gejala covid-19 atau corona yang disebabkan oleh virus juga menurut Susi mirip dengan gangguan pernafasan.

"Orang dengan sistem imun yang lemah dan orang yang dikelilingi dengan pengidap yang bersin atau batuk tanpa menutup hidung dan mulutnya, bisa berpotensi terserang ISPA. Terlebih di musim seperti sekarang ini, bisa saja yang menular bukan sekadar ISPA melainkan virus corona," tegas Politisi Partai Nasdem ini. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru