Barito Timur Jadi Zona Kuning Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Satu warga Barito Timur menjadi Pasien Dalam Pengawasan atau PDP Virus Corona (Covid-19) dan dirujuk ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Terkait itu, Kabupaten Barito Timur pun saat ini menjadi zona kuning Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Simon Biring mengatakan, 1 warga berstatus PDP tersebut masih balita dan berusia sekitar 2 tahun.

"Otomatis keluarganya jadi status Orang Dalam Pemantauan (ODP)," kata Simon Biring, Minggu 29 Maret 2020.

Dia menerangkan hingga hari ini, di Kabupaten Barito Timur 387 berstatus Self Monitoring, 13 ODP, dan 1 PDP.

"Data hari ini masih sama seperti kemarin, belum ada perubahan. Jika ada perubahan akan segera kami publikasikan," kata dia.

Simon menjelaskan, jika ada perbedaan data yang dirilis provinsi dan kabupaten mungkin karena disebabkan oleh gangguan pada sistem internet. Menurutnya, Dinas Kesehatan Barito Timur selalu mengirimkan laporan data terbaru.

Dia juga meminta agar masyarakat Barito Timur menanggapi dengan serius peningkatan status daerah ini dari zona hijau menjadi zona kuning, dengan sungguh-sungguh mematuhi anjuran pemerintah.

"Masyarakat jangan panik, tapi harus mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak bepergian dan berada di keramaian. Kita juga minta supaya segera melapor ke puskesmas jika ada keluarga yang datang dari luar kota," kata Simon. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru