Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalimantan Tengah Dapat 2.400 Alat Rapid Test, Tenaga Kesehatan Diprioritaskan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan Kalteng mendapatkan 2.400 alat rapid test dari pemerintah pusat. Terkait itu, 100 orang tenaga kesehatan diprioritaskan lebih dahulu untuk penggunaannya.

"Setelah kita tunggu-tunggu beberapa lama akhirnya Kalteng juga dapat alat rapid test sebanyak 2.400. Untuk permulaan, kita prioritaskan dulu untuk mengetes tenaga kesehatan," kata Suyuti, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurut Suyuti, prioritas merupakan tenaga kesehatan yang terlibat langsung dengan pasien covid-19, serta petugas gugus yang memiliki potensi besar terdampak Covid-19.

"Sebenarnya rapid test ini tidak bisa kita percayai seratus persen juga. Hanya saja, kalau melalui laboratorium kita baru bisa mendapatkan hasilnya lima hari kemudian, kalau rapid test ini dalam dua menit sudah keluar hasilnya," tutur dia.

Perlu diingat, lanjutnya, bahwa hasil rapid test ini hanyalah screening awal dan bukannya diagnosis pasti.

"Tapi paling tidak kita bisa ambil ancang-ancang dari hasil rapid test ini. mana yang perlu cepat-cepat kita dapatkan hasil laboratoriumnya. Jadi kalau hanya melihat hasil rapid test tidak bisa juga, tetap harus kita lakukan uji laboratorium," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru