Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat Rapid Test Tidak Menjamin Hasil 100 Persen Akurat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Maret 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan alat rapid test tidak menjamin hasilnya 100 persen akurat.

"Rapid test ini sensitifitasnya kurang lebih hanya 60 persen, kalau di bidang kesehatan ini angka yang cukup kecil. Karena risiko positif palsu atau negatif palsunya menjadi sebesar 40 persen," kata Suyuti Syamsul, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurut Suyuti, Kalteng mendapatkan 2.400 alat rapid test dari pemerintah pusat. Namun untuk prioritas, 100 orang tenaga kesehatan diprioritaskan lebih dahulu untuk penggunaannya.

"Total tenaga kesehatan kita yang menangani Covid-19 untuk tiap Rumah Sakit maksimal 100 orang yang dibagi beberapa shift, jadi 2.400 alat rapid test yang kita dapatkan dari pemerintah pusat ini kita prioritaskan untuk tenaga kesehatan dan petugas gugus yang memiliki potensi besar terdampak Covid-19 dulu," tuturnya.

Meskipun hasil rapid test yang hanyalah screening awal dan bukannya diagnosis pasti ini hanya 60 persen keakuratannya, paling tidak ada persiapan awal untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

"Tapi paling tidak kita bisa ambil ancang-ancang dari hasil rapid test ini mana yang perlu cepat-cepat kita dapatkan hasil laboratoriumnya. Jadi kalau hanya melihat hasil rapid test tidak bisa juga, tetap harus kita lakukan uji laboratorium," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru