Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Tamiang Layang Siapkan 3 Ruang Isolasi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - RSUD Tamiang Layang menyiapkan 3 ruang isolasi, untuk mengantisipasi jika rumah sakit rujukan di Palangka Raya tidak dapat menampung jumlah pasien rujukan virus corona atau Covid-19.

"Kalau rumah sakit rujukan penuh apa boleh buat, kami rawat maksimal dulu di sini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring usai rapat koordinasi Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurutnya, protokoler penanganan Covid-19 mengharuskan orang dengan status Pasien Dalam Pengawasan atau PDP langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Namun rumah sakit setempat juga harus selalu mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Ruang isolasi itu juga bisa kita gunakan untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP), yang memiliki penyakit lain. Seperti beberapa hari lalu ada 2 pasien yang diisolasi," ungkap Simon.

Data terbaru hingga hari ini, paparnya, 387 warga Barito Timur berstatus Self Monitoring, 13 ODP dan 1 PDP.

Dia menjamin, data yang ada terus diperbaharui sesuai dengan kondisi terakhir di Kabupaten Barito Timur.

Data tersebut juga dapat berkurang setelah yang bersangkutan melewati masa observasi Covid-19 selama 14 hari dan dinyatakan sehat.

"Nanti kalau sudah 14 hari dan sehat, kita akan keluarkan surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan," pungkas Simon. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru