Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Bangkal Gelar Ritual Tolak Bala untuk Cegah Virus Corona

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 29 Maret 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang Warga Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan menggelar ritual tolak bala, dengan memasang tarinting di ruas Jalan Jenderal Sudirman KM 62 dan KM 73. Tujuannya, mencegah penyebaran virus corona.  

Singing, pimpinan kegiatan mengatakan, ritual adat ini merupakan ikhtiar, agar daerah terbebas dari virus corona yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat.

“Ritual pemasangan Tarinting merupakan kepercayaan kami dalam menghadapi masalah besar yang menimpa desa. Kami melakukan sejumlah tahapan ritual sampai dengan terpasangnya tarinting ini,” kata Singing, Minggu, 29 Maret 2020.

Ia menambahkan, upacara adat ini dilakukan sebagai bentuk keyakinan dan kepercayaan masyarakat. Dan itu sudah diwariskan sejak dulu kala apabila adanya wabah penyakit.

Upacara adat dilakukan dengan beberapa tahapan dengan penuh keyakinan, agar wabah virus corona yang terjadi saat ini segera hilang.

“Tolak bala merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan para leluhur saat ada wabah penyakit. Yang pasti meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa, agar wabah tersebut tidak sampai masuk wilayah kami,” katanya. (FAHRUL/B-11)

Berita Terbaru