Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ganjar Anggarkan Rp 1,4 Triliun untuk Tangani Corona

  • Oleh Teras.id
  • 30 Maret 2020 - 11:05 WIB

TEMPO.CO, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran Rp 1,4 triliun untuk mengatasi virus Corona di wilayahnya. Sebelumnya, ia telah menetapkan status tanggap darurat bencana Covid-19 di Jateng.

Menurut Ganjar, anggaran tersebut akan disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jateng pekan ini. "Kami butuh Rp 1,4 triliun minimal dan itu harus ada," kata dia pada Ahad malam, 29 Maret 2020.

Ganjar menyebut anggaran itu bakal digunakan untuk menanggung dampak ekonomi dan sosial yang dialami warga akibat pandemi Corona seperti menanggung kebutuhan pokok warga kurang mampu.

Sedikitnya ada 1,8 juta warga yang belum masuk data masyarakat miskin dan akan menerima bantuan langsung tunai. Selama ini, mereka tak terdaftar dalam Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat, serta kelompok rentan.

Anggaran sebesar Rp 1,4 triliun dari provinsi itu, kata Ganjar, akan ditambah dari setiap kabupaten dan kota di Jateng. Daerah dapat menggeser Anggaran Pendapatan dan Belanjan Daerah untuk mengatasi pandemi Covid-19. 

Menurut Ganjar, kabupaten dan kota bisa menggunakan anggaran dana alokasi khusus. "Cukup besar anggaran yang dimiliki kabupaten dan kota," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Kemudian, anggaran yang dapat dimaksimalkan untuk penanganan Covid-19 adalah dari kelompok masyarakat dan swasta. Lantas sumber anggaran keempat adalah program yang berasal dari dana desa.

Ganjar akan menyodorkan skema anggaran untuk mengatasi Covid-19 ke DPRD Jateng pekan ini. Dia berharap proses ini akan berjalan secara cepat. "Agar kita bisa kembali kerja seperti biasa," ujarnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru