Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD dan Pemkab Kotim Harus Lakukan Penyesuaian APBD Sikapi Kondisi Saat ini

  • Oleh Naco
  • 30 Maret 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masalah virus Corona (Covid 19) berdampak berbagai sektor di Kabupaten Kotawaringin Timur. Menghadapi kondisi saat ini, DPRD dan Pemkab Kotim harusnya melakukan penyesuaian APBD.

"Mestinya DPRD bersama pemkab segera melakukan penyesuaian APBD, fiskal, baik pendapatan dan belanja dalam rangka menghadapi dampak wabah Corona. Serta melakukan langkah-langkah subsidi ke masyarakat penghasilan rendah," kata tokoh politik di Kotim, Jhon Krisli, Senin, 30 Maret 2020.

Menurut Jhon, salah 1 contoh yang bisa dilakukan yakni operasi pasar, untuk menyikapi penaikan harga sembako. Selain itu penghentian pengadaan barang dan jasa, pengalihan anggaran perjalanan dinas dan lain sebagainya yang tidak dapat dilaksanakan tahun ini.

"Sehingga anggaran itu diarahkan ke seluruh anggaran untuk tanggap darurat Covid 19 dan dampak dari covid 19 ini," tegasnya.

Pemkab juga harus melakukan pengadaan masker, pengadaan APD, pengadaan sembako bagi masyarakat terdampak Covid 19, dan lain sebagainya. Apalagi jika terjadi lockdown.

"Dalam hal ini kepala daerah dapat mengajukan permohonan revisi APBD mendahului APBD perubahan kepada DPRD," tegasnya.

Sekarang, menurutnya, dibutuhkan kepekaan Pemkab dan DPRD sebagai penyelengaraan pemerintahan di dareah dalam rangka penanganan wadah corona.

Selain itu, bupati sebagai kepala daerah bisa berkoordinasi dengan perusahaan besar swasta untuk bisa memberikan CSR kepada masyarakat di sekitar usahanya.

"Apalagi tidak lama lagi kita menghadapi bulan Ramadan. Harus secepatnya langkah konkret itu dilakukan," pungkas Ketua DPRD Kotim 2010-2019. (NACO/B-11)

Berita Terbaru