Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden: Impor Bahan Baku untuk Produksi APD di Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Maret 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Presiden Joko Widodo meminta agar alat pelindung diri atau APD yang didistribusikan secara nasional menggunakan produk dalam negeri. Karena dari data, ada 28 perusahaan produsen APD di Indonesia. Namun untuk mendukung produksi APD tersebut, Presiden meminta agar impor bahan bakunya dipermudah.

"Saya minta impor bahan bakunya supaya lebih mudah dan produksinya lebih cepat karena kita sedang sangat membutuhkan, terutama tenaga medis," kata  Presiden dalam rilis yang disampaikan melalui grup Istana Negara, Senin, 30 Maret 2020.

Di saat yang sama, Presiden juga meminta dilakukan percepatan pengembangan agar ventilator bisa diproduksi di dalam negeri.

Selain alat kesehatan, Kepala Negara juga meminta agar jajarannya memperhatikan ketersediaan alat tes cepat atau rapid test, PCR atau polymerase chain reaction, dan VTM atau viral transport media untuk kecepatan pemeriksaan di laboratorium.

"Untuk rapid test, Saya minta agar tenaga-tenaga kesehatan beserta seluruh lingkaran keluarganya dan khususnya yang terkena status ODP diberikan prioritas," tegasnya.

Dirinya juga meminta agar perlindungan tenaga kesehatan dan penyediaan obat serta alat-alat kesehatan betul-betul menjadi prioritas yang utama. Hal tersebut ia tegaskan saat memimpin rapat terbatas membahas penanganan pandemi virus korona atau Covid-19 melalui telekonferensi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 30 Maret 2020.

"Pastikan bahwa seluruh dokter, tenaga medis, perawat bisa bekerja dengan aman dengan peralatan kesehatan yang memadai," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru