Anggota DPRD Barito Utara Ingatkan Masyarakat Terus Waspada Covid-19

  • Oleh Ramadani
  • 30 Maret 2020 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara Wardatun Nurjamilah mengajak masyarakat di kabupaten ini selalu waspada dan menjaga kesehatan dalam mencegah virus corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkannya, Senin 30 Maret 2020. Untuk itu pemerintah daerah diharapkan dapat mendata masyarakat yang baru saja berpergian dari luar kota, terutama dari kota terjangkit.

“Hal ini agar kita bisa memiliki data dalam melakukan tracing virus covid-19, dan mewajibkan mereka untuk mengisolasi diri mereka selama 14 hari,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan banyaknya perusahaan yang beroperasi di Barito Utara dan memiliki karyawan yang berasal dari luar daerah agar mewajibkan mengkarantina karyawan mereka yang baru pulang cuti terutama dari daerah terjangkit, sebelum mereka melakukan kegiatan.

“Jangan pernah berpikiran negatif, kita sama-sama menjaga supaya wabah virus corona ini tidak terus berkembang. Jangan merasa sehat, hingga bebas berkeliaran. Banyak yang sehat tanpa menunjukan gejala apapun, tapi ternyata mereka positif Covid-19,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19, mereka berjuang untuk merawat pasien dan pulang ke rumah dengan hati yang khawatir mereka membawa virus ke lingkungan keluarga mereka.

“Tapi itu tugas mereka dan resiko yang harus mereka tanggung dan kita juga sebagai masyarakat memiliki tugas yang sangat gampang, yaitu menjaga diri kita supaya jangan sampai terpapar virus Covid-19,” ungkap Wardatun.

Menurutnya, dengan cara perbatas kegiatan di luar rumah, hidup sehat, minum vitamin, banyak minum air putih, usahakan berjemur 5-10 menit tiap hari, jangan kumpul-kumpul, jaga, setelah melakukan kegiatan diluar langsung mandi, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jangan mengusap tangan yang kotor ke muka.

“Dan gunakan masker apabila sakit dan yang pasti banyak-banyak berdoa supaya kita selalu dilindungi oleh Allah SWT,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru