Orang Tua Balita PDP dari Tamiang Layang Ikut Jadi PDP Covid-19 Juga

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Maret 2020 - 05:26 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Orang tua balita pasien dalam pengawasan atau PDP yang dirujuk dari RSUD Tamiang Layang ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya pada Sabtu lalu kini berstatus PDP juga. Dengan demikian jumlah PDP asal Kabupaten Barito Timur menjadi 2 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Simon Biring menjelaskan, orang tua balita berumur 2 tahun ini sebelum berstatus orang dalam pengawasan atau ODP yang termasuk di antara 13 ODP.

"Data terbaru self monitoring tetap, ODP 12, PDP 2 yaitu anak dan ibunya, jadi jumlah ODP berkurang karena satu bergeser menjadi PDP" kata Simon Biring, Senin 30 Maret 2020, malam.

Dengan peningkatan status salah satu ODP, maka data terbaru terkait Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Barito Timur yaitu PDP 2 orang, ODP 12 orang dan self monitoring 387 orang.

Dengan status Kabupaten Barito Timur yang saat ini meningkat menjadi zona kuning, Simon Biring meminta masyarakat berperan aktif dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di daerah ini.

"Masyarakat harus aktif melaporkan ke puskesmas jika ada anggota keluarga yang baru datang dari daerah zona merah Covid-19 agar dapat dimonitor oleh petugas surveilans," katanya.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar rumah atau mengikuti kegiatan yang mengumpulkan orang banyak demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru