Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkembangan Padi Siam Busu di Kecamatan Paku Sangat Baik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Maret 2020 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Perkembangan varietas lokal padi Siam Busu di Desa Tampa Kecamatan Paku, sangat baik.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian atau BPP Kecamatan Paku, Asbel Serep menjelaskan, varietas padi lokal yang telah memiliki sertifikat dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini memiliki keunggulan tahan terhadap pH tinggi dan toleran kekeringan.

Lanjutnya, daya tahan padi yang bagus serta kerja keras petani dan penyuluh beberapa waktu lalu ketika areal sawah di desa tersebut dilanda banjir menjadikan tanaman padi di wilayah ini bisa tetap bagus

"Walau keadaan cuaca saat ini tidak menentu serta serangan hama dan penyakit bervariasi, yaitu penggerek batang, ulat daun, tikus dan walang sangit, tapi dapat terkendali, karena pengendalian sejak dini bersama PPOT, petani dn penyuluh," kata Asbel Serep, Selasa 31 Maret 2020.

Dia berharap dengan kondisi tanaman padi yang sehat, panen gabah pada musim tanam ini sesuai dengan harapan untuk ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur.

"Kita berharap hasil panen hasil panen musim ini maksimal. Dan untuk musim tanam april-september nanti kita berharap petani PPOT dan penyuluh melakukan penanganan lebih awal baik jika terjadi permasalahan pada tanaman padi sehingga tanaman padi dapat tetap berkembang dengan baik," lanjut Asbel.

Untuk diketahui, luas tanam padi Siam Busu di Desa Tampa sebanyak 30 hektare yang  tersebar pada 6 kelompok tani. Total areal tanam padi di Desa Tampa seluas 396 hektare. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru