Anggota Kodim 1016 Palangka Raya Giat Penyemprotan Disinfektan di Pasar Besar

  • Oleh Rokim
  • 31 Maret 2020 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 65 personel TNI dari Kodim 1016 Palangka Raya dan Korem 102 Panju Panjung dikerahkan dalam giat penyemprotan disinfektan 11 lokasi di wilayah Kota Palangka Raya.

Penyemprotan cairan pembunuh virus ini dalam rangka Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 yang dilakuikan secara masif dan serentak untuk mengantisipasi dampak wabah virus corona di wilayah Kalteng.

Ke-11 lokasi sasaran penyemprotan yakni Komplek Pasar Kahayan, Komplek Pasar Besar, Komplek Pelabuhan Rambang, kawasan PDAM, Jalan Raden Saleh, Jalan Thamrin, Komplek Jalan Elang, Komplek Griyag Rajawali, Komplek Rajawali 3, Komplek Jalan Merdeka, dan kawasan Pelabuhan Flamboyan Bawah.

Dalam giat ini khusus personel Kodim 1016 Palangka Raya paling banyak dikerahkan ke wilayah Pasar Besar, sedangkan sisanya antara 4-5 personel untuk mem-backup giat di lokasi lain bersama tim lintas satuan dari Polri, BPBD, SOPD lainnya, termasuk para relawan dari petugas pemadam kebakaran.

Di Pasar Besar ini personel Kodim menyasar blok pasar ikan, blok dagangan perabot, dan blok pedagang pakaian. Semua lapak tempat jualan ikan disemrot disinfektan, termasuk lorong-lorong blok pasar.

Anggota Kodim 1016 Palangka Raya menyemprotkan cairan disinfektan ke lorong Pasar Besar
Anggota Kodim 1016 Palangka Raya menyemprotkan cairan disinfektan ke lorong Pasar Besar

"Jalan-jalan yang ada di dalam komplek juga disemprot agar steril dari virus," kata Komandan Kodim Kolonel Infantri I Gede Putra Yasa, Selasa 31 Maret 2020.

Dandim menjelaskan giat penyemprotan ini dilakukan dalam rangka membantu pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak meluas lagi.

Dia berharap dengan aksi penyemprotan massal ini bisa menghambat, bahkan bisa menyetop penularan Covid-19, karena hampir semua wilayah sudah dilakukan starilisasi dengan cairan disinfektan. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru