Anggota DPRD Kapuas Harapkan Pemkab Mulai Siapkan Pengawasan Cegah Covid-19 Jelang Arus Mudik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Maret 2020 - 18:01 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kapuas Kunanto mengharapkan Pemkab melalui Satgas mulai saat ini sudah menyiapkan langkah pengawasan untuk mencegah penyebaran virus covid-19, terutama jelang arus mudik tahun ini.

Menurutnya dalam mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19, Pemkab Kapuas harus jeli dan segera lakukan langkah dalam mengatisipasi penyebaran virus tersebut dari adanya orang dari luar daerah yang akan datang memasuki wilayah Kapuas.

Terlebih menjelang bulan suci Ramadan yang dilanjutkan dengan Hari Raya Idul Fitri tentu diiringi arus kepulangan para pelajar terutama mahasiswa karena diliburkan, ini setidaknya harus menjadi perhatian serius dalam upaya pencegahannya.

"Setidaknya Pemkab Kapuas harus siaga dan tanggap sejak dini dalam mengahadapi adanya arus kepulangan pemudik, dan pelajar yang akan kembali ke Kapuas sementara libur ini, perlu dilakukan pengawasan," ucap Kunanto saat menyalurkan bantuan sembako untuk petugas posko covis-19 di perbatasan Basarang-Pulpis pada Selasa, 31 Maret 2020.

"Dalam menjalankan ibadah ramadan dan hari raya Idul Fitri serta para pelajar/mahasiswa yang diliburkan, karena ini salah satu yang juga harus menjadi perhatian dalam pengawasaanya," tambahnya.

Hal ini juga disampaikan politisi Partai NasDem ini kepada Camat Basarang, Slamet Riyadi agar mengarahkan kepada para kepala desa, RT agar ikut dalam melakukan pendataan dan pengawasan, setidaknya kalau ada melihat orang yang baru datang hendaknya proaktif.

"Untuk dapat segera dilaporkan ke petugas agar dapat dilakukan pemeriksaan kesehatannya, dengan begitu tentu saja kita sudah sangat membantu pemerintah dalam hal memutus mata rantai dari penyebaran covid-19," pungkasnya.

Adapun dalam kegiatan ini Anggota Komisi IV DPRD Kapuas Kunanto menyerahkan secara pribadi bantuan sembako kepada para petugas yang ada di Posko Covid-19 di perbatasan Jalan Trans Kalimantan KM 14 Kecamatan Basarang. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru