Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mulai 1 April KPU Barito Selatan Nonaktifkan Sementara Anggota PPK

  • Oleh Uriutu
  • 31 Maret 2020 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - KPU Kabupaten Barito Selatan menonaktifkan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK dan sekretariatnya per 1 April 2020.

Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin mengatakan penonaktifan atau penundaan masa kerja PPK ini karena dampak penundaan sebagian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 akibat pandemi virus corona atau COVID-19.

“Per 1 April 2020 anggota PPK dan sekretariat kita nonaktifkan masa kerjanya. Sementara honor untuk Maret tetap kita bayarkan,” katanya.

Saat ini tidak ada tahapan pilkada yang dijalankan, jadi tidak ada output kinerja PPK dan sekretariat PPK.

“Karena tidak ada output maka PPK dan Sekretariat PPK dinonaktifkan mulai 1 April 2020, sampai batas yang belum ditentukan,” ucapnya

Sementara itu bagi beberapa Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang telah terlanjur dilantik juga dinonaktifkan, kemudian bagi yang belum pelantikannya ditunda.

Tahapan pilkada yang ditunda antara lain verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan, pelantikan PPS, perekrutan petugas pencocokan penelitian (coklit), dan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Senada juga ketua Bawaslu Barsel, Nur Chambiyah mengatakan, dengan ditundanya tahapan Pilgub ini, maka pihaknya juga melakukan penundaan.

“Per 31 Maret 2020 kita telah melakukan pemberhentian sementara Panwas kecamatan dan Panwas desa, kelurahan sesuai intruksi bawaslu provinsi Kalteng. Untuk selanjutnya menunggu intruksi Bawaslu Provinsi,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru