Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melihat Sukarelawan Membuat APD Petugas Medis RSUD dr Murjani Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Alat Pelindung Diri (APD) saat ini sangat dibutuhkan oleh petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD dr Murjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). APD menjadi alat vital dalam penanganan pasien yang terindikasi terinfeksi virus Corona atau Covid-19. 

Dengan segala keterbatasan, pihak rumah sakit saat ini memanfaatkan APD sisa. "APD penanganan wabah flu burung beberapa waktu lalu diubah menjadi APD penanganan Covid-19," ujar Kepala Bidang Penunjang Medik dan Nonmedik RSUD dr Murjani Sampit Muchsin, Selasa, 31 Maret 2020. 

Untuk mengubah pakaian medis berstandar tersebut, pihak rumah sakit sendiri mendapatkan sejumlah sukarelawan. Kerja para sukarelawan adalah mengubah APD flu burung menjadi APD Covid-19 yang standar.

"Karena pakaian untuk penanganan flu burung tidak standar. Alhamdulillah ada sukarelawan yang mau menjahitkan pakaian APD flu burung itu menjadi APD untuk penanganan kasus Covid-19," kata Muchsin. 

Sukarelawan tersebut yakni penjahit Isti Taylor. Penjahit ini secara sukarela tanpa dibayar membuat APD untuk petugas medis.

"Saya bersama 6 pegawai berupaya membantu penjahitan APD. Alhamdulilah sudah hampir selesai," kata pemilik Isti Taylor, Isti Suilah. 

APD yang dijahit oleh pihaknya sekitar 70 lembar. Dalam sehari pegawainya bisa menjahit sebanyak 30 lembar. Saat ini beberapa sudah disuplai ke rumah sakit. 

"Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat dan membantu penanganan Covid-19 di Kotim ini," kata Isti. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru