Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Dukung Masyarakat Manfaatkan Lahan untuk Tanaman Pangan

  • Oleh Naco
  • 31 Maret 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (kotim), Khozaini mendukung agar  masyarakat sesegera mungkin memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman pangan. 

Upaya ini untuk mencukupi kebutuhan pangan, atau paling tidak untuk keluarga itu sendiri. Langkah ini sebagai antisipasi pertahanan sektor pangan bagi masyarakat jangka panjang dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid 19).

Persiapan pangan itu penting, mengingat masa wabah virus corona ini tidak diketahui kapan berakhirnya di Indonesia. 

Apalagi pemerintah kini sudah mengambil langkah berat yakni darurat sipil bahkan pada akhirnya nanti tidak menutup kemungkinan ke arah karantina wilayah sebagaimana tertuang dalam UU Karantina.

“Kepada warga yang memiliki lahan kosong supaya mulai sekarang lahan itu diefektifkan untuk menanamkan tanaman pangan. Seperti jagung, ubi-ubian, sayur dan lain sebagainya," tukasnya.

Karena jika karantina wilayah harus punya makanan sendiri, keluar rumah tidak diperbolehkan, yang ada hanya aparat negara mengantarkan makanan ke rumah penduduk. Selain itu ada yang keluar rumah maka akan ditindak tegas.

Ketergantungan Kotim terhadap daerah lain dalam pemenuhan sejumlah komoditas pangan perlu disikapi. Jika ada daerah penghasil melakukan 'lockdown' lokal maka dikhawatirkan juga akan berdampak terhadap Kotim jika daerah ini tidak mengantisipasinya. 

Untuk itulah pemerintah kabupaten secara khusus memikirkan ketahanan pangan. Ini mengantisipasi kalau wabah Covid 19 ini berkepanjangan hingga beberapa bulan. (NACO/b-6)

Berita Terbaru