Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Siapkan Bantuan Kebutuhan Pokok Bagi Masyarakat Terdampak Corona

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekda Kotawaringin Timur, Halikinnor menyiapkan bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat, jika dampak wabah corona berkepanjangan ke depannya. Terutama bagi masyarakat kalangan tidak mampu.

“Ini memang perlu perhitungan matang. Salah satunya kemampuan anggaran kita. Makanya ada pergeseran anggaran yang tidak terlalu urgent, seperti bimbingan teknis dan perjalanan dinas, atau kegiatan yang mengumpulkan banyak massa. Nantinya (pergeseran anggaran) akan disampaikan DPRD,” kata Halikinnor.

Menurutnya, bantuan kebutuhan pokok untuk masyarakat ini bentuk perhatian dan kepedulian terhadap dampak sosial akibat virus corona.

"Saya tidak ingin ada masyarakat Kotim yang kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok di tengah wabah virus corona seperti ini. Paling tidak seperti beras dan jenis sembako lainnya," kata Halikinnor. 

Salah satu pertimbangan untuk bantuan kebutuhan pokok, selain kemampuan anggaran juga akan dibahas cara penyalurannya. Sehingga, benar-benar tepat sasaran.

"Ini sudah kami bahas bersama instansi terkait, guna merealisasikannya dan bisa diterapkan dengan lancar di lapangan nanti," tegas dia.

Kebijakan yang diwacanakannya itu juga setelah berkomunikasi langsung dengan masyarakat Kotawaringin Timur. Sebagian ada yang bertanya di berbagai kesempatannya.

"Masyarakat yang disuruh membatasi aktivitas di luar rumah saja sudah ada yang mengeluh bagaimana penghasilan mereka untuk makan sehari-hari. Tentunya kita tidak akan tinggal diam menghadapi seperti ini, sembari upaya maksimal pencegahan virus corona terus dilakukan," kata Halikinnor.

Dia menambahkan, berbagai kebijakan yang diambil pemerintah tentunya perlu pengkajian yang matang. Agar dampak sosialnya bisa ditekan seminimal mungkin.

Halikinnor menambahkan, warga terdampak corona di sini tidak hanya kalangan tidak mampu yang terdata di dinas sosial. Tetapi juga profesi lainnya.

Berita Terbaru