Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Siapkan Anggaran Penanggulangan Covid-19 Rp 50 Miliar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Maret 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotim menyiapkan anggaran Rp 50 miliar untuk penanganan dan penanggulangan virus Corona atau Covid-19 di daerah ini hingga 6 bulan kedepan. 

"Tadi sudah kami rapatkan, dan kami menyiapkan anggaran Rp 50 miliar, untuk penanganan Covid-19 selama 6 bulan kedepan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Selasa, 31 Maret 2020. 

Anggaran Rp 50 miliar tersebut, berasal dari  sejumlah pergeseran anggaran yang tidak mendesak. Di antaranya dari anggaran perjalanan dinas seluruh Satuan Organisasi Prangkat Daerah (SOPD) di Kotim yang dipangkas sebesar 25%, dana insentif daerah, dan juga sejumlah kegiatan yang sipatnya mengumpulkan orang banyak langsung dialihkan untuk anggaran Covid-19. 

"Kegiatan mengumpulkan orang banyak juga kami geser anggarannya untuk Covid-19. Karena tidak bisa juga dilaksanakan saat ini," kata Halikinnor. 

Anggaran Rp 50 juta tersebut, mereka siapkan untuk bantuan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19. Penyediaan alat rapid test, menyiapkan alat pelindung diri, dan juga persiapan untuk operasi pasar. Karena bisa saja ditengah Covid-19 ini, bahan pokok naik. Sehingga harus dilaksanakan hal tersebut. 

"Intinya dana tersebut akan kami gunakan untuk penanggulangan Covid-19," terang Halikinnor. 

Pergeseran anggaran tersebut sendiri sudah berdasarkan prosedur dari pemerintah pusat. Sehingga tidak dilakukan pembahasan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Namun besok juga akan kami kirim surat pemberitahuna terkait anggaran tersebut. 

"Anggaran tersebut nanti akan dibahas pada saat perubahan bersama dewan. Namun untuk penanganan Covid-19 ini, kami tidak perlu membahas dengan DPRD. Hanya saja harus menyampaikan pemberitahuan," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru