Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pangsa Pasar Menjanjikan, Warga Desa Bangun Harja Semangat Kembangkan Tanaman Gembili

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 01 April 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS,Kuala PembuangWarga Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, saat ini terus mengembangkan tanaman umbi-umbian jenis gembili.

Prospek pasar yang sangat terbuka, ditambah dengan pengolahan lahan dan perawatan yang tidak begitu sulit membuat komuditas ini semakin diminati warga.

Kepala Desa Bangun Harja, Mahmud Hasani mengatakan, pengembangan tanaman gembili dilakukan di sekitar 50 hektare lahan.

“Pangsa pasar untuk wilayah Kalimantan Tengah saja saat ini masih sangat terbuka. Makanya warga di sini semakin bersemangat untuk mengembangkan tanaman ini,” kata Mahmud Hasani, Rabu, 1 April 2020.

Selama ini, hasil panen gembili para petani di Desa Bangun Harja langsung dipasarkan ke berbagai daerah di Kalimantan Tengah, seperti Sampit, Palangka Raya, hingga Provinsi Kalimantan Selatan.

Sedangkan harga jual, untuk tingkat petani saat ini, Rp 3.000 per kilogram, selaku kepala desa. Ia berharap dengan pengembangan tanaman gembili ini, kesejahteraan warga setempat, semakin meningkat.

“Di desa ini, warga mengembangkan dua jenis yakni gembili putih dan gembili kuning. Sekarang sedang puncak masa panennya,” kata Mahmud. (FAHRUL/B-11)

Berita Terbaru