Hari Pertama Bulan April Terdapat 129 ODP di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 April 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan data pada hari pertama bulan April 2020 di berbagai kecamatan, kelurahan dan desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di ketahui saat ini sudah terdapat 129 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Juru bicara penanggulangan dan pencegahan covid-19 Pemkab Kobar Achmad Rois, Rabu, 1 April 2020 menjelaskan saat ini jumlah ODP terbanyak berada di Kecamatan Pangkalan Lada yaitu 48 orang.

"Kemudian urutan berikutnya adalah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) dengan jumlah 29 ODP. Setelah itu Kecamatan Kumai dengan 28 ODP," jelas Rois.

Kemudian, lanjut Rois, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) saat ini terdapat 15 ODP.

"Urutan berikut adalah kecamatan Pangkalan Banteng dengan 6 ODP dan terakhir Kecamatan Arut Utara (Aruta) sebanyak 3 ODP," jelas Rois.

Menurut Rois, semakin banyaknya jumlah ODP tersebut menunjukkan bahwa petugas dan masyarakat mulai sadar dan waspada dengan lingkungannya untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Karena saat ini sudah banyak masyarakat yang dengan kesadaran sendiri melakukan karantina mandiri, lantaran beberapa waktu ini pernah mengunjungi daerah pandemik covid-19. Sebagai bentuk kewaspadaan, ia memberitahukan pada keluarga dan lingkungannya mengenai kondisinya. Walaupun kondisinya masih sehat, ia secara sadar mengkarantina diri, sehingga petugas kesehatan bisa memantau kondisinya setiap hari," jelas Rois. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru