Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Membuat Masa Isolasi Diri seperti Liburan

  • Oleh Teras.id
  • 02 April 2020 - 10:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ada wabah virus corona dan masa karantina mungkin menjadi masa yang membosankan. Tapi, banyak aktivitas di rumah yang membuat kita merasa seolah tengah berwisata.

Dilansir dari Insider, umumnya orang akan mencari area wisata seperti Bali, Afrika, menjelajah Eropa, dan Australia. Namun, dengan penyebaran COVID-19, cita-cita tersebut mungkin tertunda. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana seperti liburan di masa isolasi diri.

Bikin kartu pos
Buat yang gemar berwisata tentu sering menemukan dan membeli kartu pos untuk buah tangan atau kenang-kenangan. Sudah saatnya Anda melihat koleksi kartu pos , lalu buat sendiri beberapa sesuai kreasi.

Wisata kuliner dengan resep baru
Umumnya orang berwisata selalu mencari dan mencoba masakan baru khas daerah setempat. Berhubung Anda belum tentu berkeliling, mengapa tidak mencoba meracik sendiri makanan khas daerah setempat. Misalnya, memasak masakan kari khas Malaysia sendiri.

Belajar bahasa asing
Selama melalui masa karantina, Anda bisa memanfaatkan kursus daring bersama keluarga belajar bahasa asing. Anda bebas memilih bahasa apa yang mau dipelajari. Peningkatan kemampuan berbahasa asing akan membantu rencana perjalanan berikutnya.

Putuskan sambungan ponsel beberapa waktu
Ketika berwisata, Anda tentu ingin menikmati dengan lebih optimal setiap hal di sekitar. Tak heran Anda cenderung tak terlalu sering mengecek ponsel. Masa karantina adalah waktu yang juga tepat untuk menjauhkan diri dari ponsel dan media sosial. Kegiatan ini diyakini juga bisa membantu menyehatkan mental.

Racik minuman khas
Anda bisa mencari destinasi wisata mana yang diimpikan. Carilah apa jenis minuman khas daerah tersebut. Buatlah daftar minuman tersebut dan coba racik sendiri di rumah.

Yoga
Tidak perlu ke Bali, India, atau Cina untuk mencoba tradisi meditasi. Dengan tenang, Anda bisa menciptakan suasana itu di rumah, ketenangan dengan lilin, dan video instruksi yoga akan membantu.

Baca buku traveling
Dibandingkan novel, jika ingin memanjakan mata, Anda bisa mencoba membaca buku travel yang berwarna dan penuh foto. Buku adalah langkah awal merencanakan perjalanan. Imajinasi bisa menjadi hal yang nyata.

Berjemur dan menikmati langit
Masa karantina adalah waktu yang tepat untuk menikmati suasana luar rumah meski dari balkon atau halaman. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk berjemur di bawah sinar matahari, memutar musik untuk menemani, atau segelas minuman menikmati senja.

Berita Terbaru