Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan di Luar Daerah Disarankan Tidak Pulang Kampung

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 April 2020 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Salah satu tokoh pemuda di Kabupaten Katingan, Supri, menyarankan warga yang berada di luar daerah, khususnya berstatus zona merah diharapkan agar tidak pulang ke Katingan dulu.

"Situasi seperti ini diharapkan bagi yang berada di luar Katingan seperti luar pulau atau daerah berstatus zona merah, sekiranya jangan dulu pulang ke Katingan," kata Supri, Kamis, 2 April 2020.

Pasalnya, untuk mengetahui seseorang aman dari virus covid 19 dengan standar protokol pemerintah, itu cukup memakan waktu.

"Maka dari itu lebih baik anda menahan diri untuk tidak usah dulu pulang ke Katingan," tegas pria yang juga mantan Ketua HMI Komisariat Katingan ini.

Menurutnya, hal ini untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Kasihan sanak saudara yang kita cintai yang semula ingin mengobati rasa rindu berkumpul bersama keluarga, tapi nantinya akan berakhir menjadi petaka," katanya.

Bucun menyarankan untuk semetara waktu menjalin komunikasi dengan keluarganya yang ada di Katingan cukup menggunakan ponsel melalui fitur video call.

Dia juga berharap perangkat desa atau kecamatan agar menjaga pintu masuk dan keluar desa guna membuat protokolnya sebagaimana langkah-langkah ini sudah dilakukan dibeberapa desa lainnya.

Kepala desa juga agar meminta peran aktif masyarkat bersama-sama memantau warganya yang datang maupun keluar, dan jangan segan-segan untuk melapor.

"Khawatirnya seandainya satu orang yang datang ke desa, itu ternyata positif virus corona maka satu kampung akan diisolasi, mulai sekarang mari mencegah ketimbang mengobati," pesannya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru