Ini Langkah Disdagperinkop Kapuas Antisipasi Kelangkaan Bahan Pokok

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 April 2020 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas saat ini telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok disituasi wabah virus corona atau covid-19 ini.

Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Batu Panahan mengatakan penting dilakukan langkah-langkah atau opsi dalam upaya mengantisipasi bencana kelangkaan dan kenaikan bahan pokok, imbas dari adanya virus tersebut.

“Setidaknya kami merencanakan ada tiga langkah atau opsi untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok diantaranya pasar murah, pasar penyeimbang, dan operasi pasar,” ucapnya, Kamis, 2 April 2020.

Dia menjelaskan untuk kegiatan pasar murah biasanya dilaksanakan setiap hari besar keagamaan diperuntukan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Sedangkan pelaksanaan pasar penyeimbang nantinya akan diadakan apabila ada terjadi lonjakan harga, maka akan diadakan pasar ini yang akan masuk dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

“Sedangkan, jika terjadinya kelangkaan bahan pokok maka kita melaksanakan operasi pasar melibatkan pihak kemanan, dan tim lintas sektor agar tidak ada penimbunan barang maupun permainan harga," tuturnya.

Untuk itulah pihaknya akan terus memantau harga, dan mengecek keberadaan bahan pokok di pasaran di Kuala Kapuas, sehingga bisa diketahui kondisinya seperti apa.

"Untuk itulah harapan kami harga dan ketersediaan bahan pokok tetap stabil," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru