Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Apoteker Ini Bagikan Cairan Disinfektan Secara Gratis Hasil Buatan Sendiri

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 April 2020 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tidak mau berpangku tangan melihat kondisi wabah virus corona atau Covid-19, Yayang Desyareni (40 tahun) warga Kelurahan Mendawai, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bergerak melakukan pembuatan disinfektan berikut membagikan kepada warga secara gratis.

Ditemui di Apotek Medika Farma Jalan Pangeran Antasari Nomor 15 atau tempat ia membagikan larutan disinfektan tersebut, Yayang yang memiliki latar belakang apoteker ini menjelaskan alasannya melakukan hal tersebut.

"Awalnya saya membuat larutan disinfektan untuk dibagikan di Kelurahan Mendawai saja. Tetapi ada masukan dari beberapa teman, bahwa bila kita mau melakukan disinfeksi penyebaran Covid-19, bila hanya di Kelurahan Mendawai saja sepertinya percuma," jelas Yayang, Kamis, 2 April 2020.

Menurutnya, masih ada di wilayah lain yang kemungkinan tidak tersentuh disinfeksi berupa penyemprotan cairan disinfektan. Oleh sebab itu, ia menjalani langkah tersebut untuk mematikan virus corona yang kemungkinan berada di permukaan lantai, dinding rumah atau di sarana publik.

"Berdasarkan laporan para relawan, masih ada lokasi yang belum tersentuh disinfeksi seperti di Kumpai Batu atau wilayah lainnya. Untuk di dalam kota masih sering dilakukan penyemprotan oleh Damkar dan relawan lain. Lantas dipelosok bagaimana Padahal virus ini bisa saja tersebar dimanapun," jelas Yayang.

Dia menuturkan, biaya pembuatan cairan disinfektan dan kemasannya ini didanai secara pribadi. "Ini murni sebagai upaya saya untuk membantu menghentikan penyebaran Covid-19 tanpa embel-embel apapun. Toh saya juga tidak terkait dengan unsur politik apapun," jelas Yayang.

Yayang menceritakan, upayanya membuat dan membagikan cairan disinfektan tersebut ternyata menggugah beberapa temannya untuk membantu.

"Ada yang membantu materi untuk pembelian bahan baku cairan disinfektan, ada juga yang membantu tenaga. Siapapun yang ingin membantu saya terima, ayo kita bekerja sama," jelasnya.

Hari ini, dia membuat sekitar 3 ribu galon cairan disinfektan siap semprot yang sudah dikemas dan siap didistribusikan.

"Bagi warga di kelurahan lain kami persilakan untuk membantu mendistribusikan cairan disinfektan siap pakai tersebut ke wilayahnya. Datang saja ke Apotek Medika Farma Jalan Pangeran Antasari nomor 15, Kelurahan Memdawai," 

Berita Terbaru