Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pantau Pos Covid-19 di Sematu Jaya, Anggota DPRD Kalteng Ini Juga Beri Motolivasi Petugas Jaga

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 April 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng, asal Lamandau Sugiyarto aktif turut serta dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sudah sepekan terakhir ini mantan Wakil Bupati Lamandau 2 periode ini turun langsung dan memberikan berbagai bantuan gratis berupa aneka perlengkapan pencegahan pencegahan covid-19 secara swadaya, mulai dari ribuan masker, alat cuci tangan portable hingga membagi-bagikan cairan disinfektan.

Kamis 2 April 2020 hari ini, Sugiyarto juga memantau langsung aktivitas di Posyantib Covid-19 Kabupaten Lamandau yang ada di Jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sematu Jaya.

Pos ini dibuat oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lamandau yang berfungsi sebagai tempat pelayanan dan pemeriksaan kesehatan bagi pengguna jalan yang keluar-masuk Kabupaten Lamandau-Kotawaringin Barat.

"Pembentukan Posyantib Covid-19 ini sangat bermanfaat sebagai salahsatu upaya pencegahan covid-19 di Lamandau melalui adanya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada para pengguna jalan," kata Sugiyarto.

Menurutnya, meski covid-19 merupakan virus yang tidak dapat dilihat secara kasat mata, namun dengan pemeriksaan kesehatan dini petugas jaga mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan para pengguna jalan, bahkan petugas juga dapat menyosialisaikan tentang bahaya covid-19 kepada masyarakat secara langsung.

Sugiyarto yang datang dengan membawa makan siang untuk 20 petugas lebih itu juga memberikan motivasi bagi para petugas agar tetap semangat dan betul-betul menjalankan tugasnya dengan maksimal.

"Tanggung jawab yang diemban teman-teman petugas di posko ini sangat mulia, yakni berupaya mencegah penyebaran covid-19 yang sangat membahayakan jiwa. Teman-teman harus tetap semangat, tetap jaga kesehatan dan yakinlah apa yang dilakukan ini bernilai ibadah," ujar Anggota Komisi I DPRD Kalteng dari Fraksi Gerindra itu.

Selain memberi motivasi petugas, adakalanya juga Sugiyarto ikut memberikan informasi langsung kepada penghuna jalan tentang pentingnya pencegahan covid-19 melalui physical distancing atau membatasi diri ketemu orang secara langsung, kurangi aktivitas di luar rumah serta penerapan prilaku hidup sehat dan bersih (PHBS).

"Kita sekarang ini harus rajin-rajin cuci tangan ya Bapak/Ibu, tentu cuci tangan yang benar, pakai sabun," ajak satu-satunya anggota DPRD Kalteng asal Lamandau itu. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru